07 Juli 2009

KRI SULTAN HASANUDDIN - 366




KRI Sultan Hasanuddin (366) merupakan kapal kedua dari kapal perang jenis Perusak Kawal Peluru Kendali kelas SIGMA milik TNI AL. Nama KRI Sultan Hasanuddin diambil dari nama Sultan Hasanuddin Raja Gowa XVI, dan dikukuhkan dalam upacara adat kebesaran Kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan di pelabuhan Sukarno Hatta, Makasar


KRI Sultan Hasanuddin dibuat oleh galangan kapal Schelde Naval Shipbuilding (SNS), Vlissingen, Belanda dan bertugas di Jajaran Komando Armada Timur (Koarmatim) sejak februari 2008. Kapal Perang ini dikomandani oleh Letkol Laut (P) I Gusti Kompiang Aribawa yang membawahi 60 Personel.


KRI Sultan Hasanuddin adalah sejenis korvet kelas SIGMA yang dirancang unik sesuai dengan bentuk dan model Ship Integrated Geometrical Modularity Approach (SIGMA) yang memiliki flexibility dan affordability sebagai kapal patoli yang mampu menembus segala cuaca. Kapal ini memilki kemampuan tempur atau persenjataan terdiri dari Anti Serangan Udara (AAW), Anti Kapal Atas Air (ASW), Anti Kapal Selam (ASW), Perang Electronika (EW).